Kompetisi Investoon

Kartun adalah bahasa universal yang bisa membawa pesan dan mengedukasi pengamat, tentu dengan racikan bumbu kreativitas dan humor dari kreatornya. Kami mengajak para penggiat kreatif untuk berbagi opini dan pesan seputar dunia investasi yang sehat dengan mengedepankan prinsip ESG (Environment, Social and Governance) melalui Lomba Kartun Investoon 2022.

Bagaimana kita seharusnya berinvestasi secara cerdas sambil tetap memperhatikan dan memberikan dampak positif untuk 5P: People-Planet-Prosperity-Peace-Partnership. Bagaimana kita bisa menjadi pelaku usaha yang peduli dengan lingkungan dan sesama?  Bagaimana dengan karyamu dapat menggerakkan masyarakat dan membawa pemikiran baru untuk perubahan yang lebih baik di tempat usahanya dan lingkungan kita masing-masing?

Let's Draw It!

Tata Cara Lomba

1. Peserta adalah WNI 17+ (17 tahun ke atas).

2. Satu peserta hanya diperbolehkan berpartisipasi di 1 (satu) kategori dan diperkenankan mengirimkan maksimal: 2 karya / kategori.

3. Peserta boleh memilih dari sub tema di atas sebagai acuan dalam berkarya.

4. Karya Peserta adalah karya baru yang dibuat pada tahun 2022 dengan tanda tangan asli peserta.

5. Teknik penyajian karya bebas, bisa manual, digital, hybrid, namun dengan format:

  • Kategori Kartun: landscape atau portrait
  • Kategori Komik Strip: portrait

6. Karya dikirimkan dalam format digital A3 (30 x 42 cm), format jpg, 300 dpi, RGB dan ukuran file maksimum 5 MB per karya. Karya dalam format selain jpg dianggap gugur.

7. Format penamaan file:

  • Kategori Kartun: A-NamaPeserta_judul.jpg
  • Kategori Komik Strip: B-NamaPeserta_judul.jpg

8. Karya dikirim melalui email ke [email protected] dengan

  • Subject: Investoon 2022-Nama Peserta-kategori
  • Pada body email tuliskan: nama lengkap, alamat, email, no. HP yang dapat dihubungi
  • Lampirkan scan KTP.

9. Setelah mengirimkan karya, diwajibkan untuk posting karya tersebut di media sosial pribadi milik peserta masing-masing dengan ketentuan:

  • Mention Instagram @idx_event @indonesiastockexchange dan/atau twitter @idx_bei
  • Pada caption/tweet gunakan hashtag #investoon2022 #investasiberbasisESG #JadiInvestorCerdas
  • Mention dan tag minimal 3 (tiga) orang teman

10. Deadline: Jumat, 30 September 2022 pukul 23.59 WIB. Karya yang masuk setelah deadline dianggap gugur.

11. Penjurian: 3 s.d 5 Oktober 2022.

12. Para pemenang akan diumumkan pada acara puncak Lomba Kartun Investoon 2022 di Capital Market Summit dan Expo (CMSE) 2022 pada 15 Oktober 2022.

13. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu-gugat.

14. 10 karya yang terpilih dari masing-masing kategori akan ditampilkan di website www.idx.co.id pada tanggal 6 Oktober 2022.

15. Hak milik 10 karya yang terpilih dari masing-masing kategori menjadi milik penyelenggara. Kartunis memberikan bebas royalti dan lisensi kepada penyelenggara untuk menampilkan karyanya secara umum kepada publik dan menggunakannya untuk segala kepentingan promosi non komersial penyelenggara.

16. Dengan mengikuti ‘Lomba Investoon 2022’, Peserta tunduk dan patuh pada peraturan yang berlaku. Juga menyatakan bahwa karya yang dibuat adalah asli karya sendiri. Apabila di kemudian hari ditemukan bukti plagiasi, dewan juri dan penyelenggara berhak mengubah keputusan pemenang dan menarik kembali hadiah.

Juri Eksternal

MUHAMMAD ‘MICE’ MISRAD KENDRA PARAMITA THOMDEAN

Mice adalah seorang kartunis lulusan desain grafis, Fakultas Seni Rupa – Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Sejak tahun 2010 hingga saat ini, Mice bekerja sebagai kartunis di Harian Rakyat Merdeka, juga rutin mengisi rubrik “Mice Cartoon”. Sebelumnya, dari 2003 – 2010 rutin mengisi rubrik “Kartun Beni & Mice” di harian Kompas setiap hari Minggu.

Buku yang diterbitkan: Kamus Istilah Komentator Bola (2012), Little Mice GAME OVER!! (2013), Politik Santun Dalam Kartun (2014), Indonesia 1998 (2014), Indonesia Banget (2015), Politik Indonesia 2010 – 2015 dalam Kartun Opini (2016).
Profil Mice

Kendra Paramita merupakan seorang desainer dan ilustrator senior Majalah Tempo sejak 2004 silam. Pada pertengahan 2005 ia dipercaya untuk menangani sampul depan Majalah Berita Mingguan Tempo. Beberapa sampul garapannya menyabet penghargaan dalam ajang Indonesia Print Media Award (IPMA) tahun 2011 dan 2019. Di tingkat Internasional, ilustrasinya untuk majalah Tempo edisi "Sengkarut Jembatan Selat Sunda" yang dirilis Agustus 2012 dan "Investigasi Sindikat Manusia Perahu" yang rilis Juni 2012, berhasil meraih penghargaan untuk sampul Majalah Terbaik se-Asia versi World Association of Newspaper and News Publisher (WAN- IFRA) di tahun 2013.
Profil Kendra

Kartunis dan illustrator buku bestseller kartun edukasi “Who wants to be A Smiling Investor”.
Profil Thomdean

 


Pemenang Kompetisi Investoon 2019