Galeri Investasi BEI

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal sejak dini kepada dunia akademisi.  Galeri Investasi BEI berkonsep 3 in 1 yang merupakan kerjasama antara BEI, Perguruan Tinggi dan Perusahaan Sekuritas diharapkan tidak hanya memperkenalkan Pasar Modal dari sisi teori saja akan tetapi juga prakteknya. Kedepannya melalui Galeri Investasi BEI yang menyediakan real time information untuk belajar menganalisa aktivitas perdagangan saham, diharapkan dapat menjadi jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan beserta prakteknya di pasar modal.

Galeri Investasi BEI menyediakan semua publikasi dan bahan cetakan mengenai pasar modal yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia termasuk peraturan dan Undang-Undang Pasar Modal. Informasi dan data yang ada di Galeri Investasi BEI dapat digunakan oleh civitas akademika untuk tujuan akademik, bukan untuk tujuan komersial dalam hal transaksi jual dan beli saham.

Dengan adanya Galeri Investasi BEI diharapkan dapat saling memberikan manfaat bagi semua pihak sehingga penyebaran informasi pasar modal tepat sasaran serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, pengamat pasar modal maupun masyarakat umum di daerah dan sekitarnya baik untuk kepentingan sosialisasi dan pendidikan/edukasi pasar modal maupun untuk kepentingan ekonomis atau alternatif investasi. 

Manfaat bagi Para Pihak

  • Bagi BEI, sebagai sarana sosialisasi & edukasi di kalangan akademis agar dapat terlaksana dengan baik, sehingga diharapkan civitas akademika tidak hanya mengenal Pasar Modal dari sisi teori saja akan tetapi dapat langsung melakukan prakteknya.
  • Bagi Perguruan tinggi, ada aliansi strategis dengan para pelaku Pasar Modal (BEI, AB, Data Vendor). Meningkatkan Brand Name dan Nilai Jual perguruan tinggi.
  • Bagi Perusahaan Efek Anggota Bursa, sebagai langkah media promosi dikalangan mahasiswa/akademisi dan sebagai media recruitment SDM Pasar Modal yang handal.
  • Bagi Data Vendor, sebagai langkah media promosi produk data dikalangan akademisi, tidak mengeluarkan investasi hardware untuk pojok BEI & Lab Pasar Modal dan sebagai media recruitment SDM Pasar Modal yang handal. 

Kewajiban Masing-Masing Pihak

  • Bursa Efek Indonesia : mengirimkan publikasi yang dikeluarkan oleh BEI, mendukung kegiatan yang berkaitan dengan sosialisasi edukasi Pasar Modal, menyediakan kesempatan untuk magang, memfasilitasi terbentuknya kelompok investasi.
  • Perguruan Tinggi : menyediakan space sekaligus infrastuktur untuk kebutuhan galery Pojok BEI dan Lab Pasar Modal. Menyediakan PC sesuai dengan kebutuhan minimal 3 PC (2 PC untuk Data Realtime, 1 PC untuk operasional Pojok BEI) dengan konfigurasi layak pakai.
  • Perusahaan Efek : memberikan layanan edukasi sekaligus sosialisasi Pasar Modal, sharing profit sesuai dengan perjanjian, menyediakan kesempatan magang.
  • Vendor Data Realtime : memberikan fasilitas berlangganan gratis minimal 1 terminal untuk Pojok BEI sebagai Lab Pasar Modal. Melakukan layanan edukasi untuk  perguruan tinggi, sekaligus sosialisasi penggunaan produk data realtime. Menyediakan tempat magang. 

Prosedur Pendirian Galeri Investasi BEI

Tahap I : Penjajakan Pendirian Galeri Investasi BEI 

Diawali dengan surat menyurat, penyampaian proposal & profil Perguruan Tinggi yang dilanjutkan dengan pembahasan untuk mengetahui komitmen Perguruan Tinggi. Studi kelayakan mengenai potensial Perguruan Tinggi untuk mendirikan Galeri Investasi BEI, salah satunya adalah daya tampung dan kapasitas kampus. Penentuan Lokasi oleh pihak kampus yang memiliki lokasi Galeri Investasi BEI yang strategis, seperti mudah terjangkau mahasiswa, terletak diarea yang sering dilalui mahasiswa, mempunyai  kesan ramah dan  terbuka  untuk dikunjungi siapa saja, luas ruangan yang dibutuhkan  minimum 6 m x 5 m, desain ruangan yang menarik dan ramah dan penjajakan penentuan pihak Perusahaan Efek selaku Anggota Bursa dan data-data provider sebagai mitra pihak Perguruan Tinggi dalam pendirian Galeri Investasi BEI.

Tahap II : Pendirian Galeri Investasi BEI

Pembuatan MoU Galeri Investasi BEI. Dalam proses pendirian, persiapan awal pendirian adalah dengan menyiapkan sebuah MoU pendirian. Kesiapan ruang Galeri Investasi BEI beserta isinya, perlengkapan Galeri Investasi BEI (fasilitas ini disediakan pihak universitas atau dapat didiskusikan dengan Perusahaan Sekuritas Mitra Galeri Investasi BEI), kesiapan sistem trading dari Perusahaan Sekuritas, pembuatan rencana pengembangan edukasi dan sosialisasi, kesiapan buku-buku referensi dan data – data pasar modal di Galeri Investasi BEI serta kesiapan papan nama (Sign Board) Galeri Investasi BEI

Tahap III : Peresmian Galeri Investasi BEI

Tahapan ini menggambarkan tentang proses persiapan acara peresmian beroperasinya Galeri Investasi BEI.  Penentuan tanggal peresmian beroperasinya Galeri Investasi BEI akan disesuaikan dengan waktu semua pihak. Galeri Investasi BEI siap beroperasi setiap saat manakala  perjanjian kerjasama dan segala persyaratan sudah dipenuhi. Agar kehadiran Galeri Investasi BEI di Universitas lebih terekspose ke masyarakat sekitar maka dalam acara peresmian tersebut agar dimanfaatkan sekaligus untuk mengadakan acara yang berkaitan dengan seminar  Pasar Modal.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pendirian Galeri Investasi BEI dapat menghubungi Kantor Perwakilan BEI di kota Anda.

Klik di sini untuk informasi Galeri Investasi BEI di Kota Anda