FAQ

Q1 Kapan jual beli (transaksi) di BEI dilakukan?
Jawaban:

Di BEI, transaksi dilakukan pada hari-hari tertentu yang disebut Hari Bursa, yaitu:

Hari Bursa Sesi Perdagangan Waktu
Senin - Kamis Sesi I
Sesi II
Jam 09.00 - 12.00 WIB
Jam 13.30 - 16.00 WIB
Jum'at Sesi I
Sesi II
Jam 09.00 - 11.30 WIB
Jam 14.00 - 16.00 WIB
Q2 Apa yang dimaksud saham LQ 45 dan apa yang menjadi kriteria?
Jawaban:

Indeks LQ 45 menggunakan 45 emiten yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas dan kapitalisasi pasar, dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

Faktor-faktor di bawah ini dipergunakan sebagai kriteria suatu emiten untuk dapat masuk dalam perhitungan indeks LQ 45 adalah:

  • Telah tercatat di BEI minimal 3 bulan.

  • Aktivitas transaksi di pasar reguler yaitu nilai, volume dan frekuensi transaksi.

  • Jumlah hari perdagangan di pasar reguler.

  • Kapitalisasi pasar pada periode waktu tertentu.

  • Selain mempertimbangkan kriteria likuiditas dan kapitalisasi pasar tersebut di atas, akan dilihat juga keadaan keuangan dan prospek pertumbuhan perusahaan tersebut.

Informasi selengkapnya mengenai Indeks LQ 45 bisa dilihat di menu Informasi Pasar > Daftar Efek > Indeks Konstituen.

Q3 Bagaimana mendapatkan laporan keuangan secara lengkap?
Jawaban:
  • Pilih menu Perusahaan Tercatat.

  • Pilih menu Laporan Keuangan & Tahunan

  • Masukkan Kode Emiten > Pilih Tahun > Pilih Periode Pelaporan, tahunan, tengah tahunan, kuartalan.

Q4 Saya sedang melakukan riset untuk beberapa emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Apakah tersedia data perusahaan yang mencakup profil, kinerja keuangan dan kinerja saham di pasar sekunder
Jawaban:

Anda dapat melihat profil, kinerja keuangan, dan kinerja saham dengan cara berikut:

  • Pilih menu Perusahaan Tercatat

  • Pilih menu Profil Perusahaan Tercatat

  • Masukkan Kode Emiten (disusun berdasatkan abjad)

Q5 Apa yang dimaksud Indeks KOMPAS100 dan apa yang menjadi kriteria?
Jawaban:

Indeks KOMPAS100 merupakan Indeks Harga Saham hasil kerjasama Bursa Efek Indonesia dengan harian KOMPAS. Indeks ini meliputi 100 saham dengan proses penentuan sebagai berikut:

  • Telah tercatat di BEJ minimal 3 bulan.

  • Saham tersebut masuk dalam perhitungan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

  • Berdasarkan pertimbangan faktor fundamental perusahaan dan pola perdagangan di bursa, BEI dapat menetapkan untuk mengeluarkan saham tersebut dalam proses perhitungan indeks harga 100 saham.

  • Masuk dalam 150 saham dengan nilai transaksi dan frekwensi transaksi serta kapitalisasi pasar terbesar di Pasar Reguler, selama 12 bulan terakhir.

  • Dari sebanyak 150 saham tersebut, kemudian diperkecil jumlahnya menjadi 60 saham dengan mempertimbangkan nilai transaksi terbesar.

  • Dari sebanyak 90 saham yang tersisa, kemudian dipilih sebanyak 40 saham dengan mempertimbangkan kinerja: hari transaksi dan frekwensi transaksi serta nilai kapitalisasi pasar di pasar reguler, dengan proses sebagai berikut:

    • Dari 90 sisanya, akan dipilih 75 saham berdasarkan hari transaksi di pasar reguler.

    • Dari 75 saham tersebut akan dipilih 60 saham berdasarkan frekuensi transaksi di pasar reguler.

    • Dari 60 saham tersebut akan dipilih 40 saham berdasarkan Kapitalisasi Pasar.

  • Daftar 100 saham diperoleh dengan menambahkan daftar saham dari hasil perhitungan butir (5) ditambah dengan daftar saham hasil perhitungan butir (6).

Daftar saham yang masuk dalam KOMPAS100 akan diperbaharui sekali dalam 6 bulan, atau tepatnya pada bulan Februari dan pada bulan Agustus. Perhitungan Indeks KOMPAS100 dimulai pada hari dasar tanggal 2 Januari 2002 dengan nilai dasar 100.

Q6Saya membutuhkan Surat Edaran BEI yang masih berlaku. Bagaimana mendapatkannnya
Jawaban:

Untuk mendapatkan Surat Edaran yang masih berlaku, silakan diakses melalui website BEI. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pilih menu Peraturan

  • Selanjutnya pilih menu Surat Edaran dan pilih tahun yang diinginkan

  • Surat Edaran ditampilkan dalam format Pdf.

Q7 Apakah peraturan BEI dapat diakses melalui website
Jawaban:

Seluruh peraturan BEI dapat diakses melalui website BEI. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pilih menu Peraturan

  • Pilih Peraturan dengan pembagian kelompok: Peraturan Pencatatan, Keanggotaan, dan Perdagangan

  • Peraturan ditampilkan dalam format Pdf

Q8 Apakah terdapat ringkasan kinerja emiten di website?
Jawaban:

Anda dapat melihat ringkasan kinerja emiten dengan cara berikut:

  • Pilih menu Publikasi.

  • Pilih menu Ringkasan Kinerja Perusahaan Tercatat.

  • Pilih Emiten (disusun berdasatkan abjad)

  • Klik Unduh (Indonesia).

Q9 Saya investor saham dan membutuhkan data saham-saham marjin, mohon bantuan untuk mendapatkan data tersebut.
Jawaban:

Untuk mendapatkan daftar tersebut, silakan masuk ke website BEI yaitu www.idx.co.id pada menu Informasi Pasar > Daftar Efek > Saham Marjin.

Q10 Saya adalah mahasiswa di salah satu perguruan tinggi yang sedang melakukan penelitian tentang efisiensi pasar modal. Saya mengharapakan bantuan berupa informasi tentang corporate actions yang dilakukan perusahaan yang tercatat di BEI. Bagaimana cara mendapatkannya?
Jawaban:

TData Corporate Action semua emiten yang tercatat di BEI bisa dilihat di menu Perusahaan Tercatat > Pencatatan Saham / Pengumuman Emiten. Sedangkan data di bawah tahun 2009 bisa diperoleh dalam publikasi IDX Statistics tahunan yang bisa difotocopy melalui Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM) d/a Gd. BEI Tower 2 Lt. 1, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190, Telp. 5150515 ext. 4351-4353.

Q11 Bagaimana cara mendapatkan data bid-ask harian?
Jawaban:

Data transaksi harian tahun bisa diperoleh melalui menu Unduh Data > Ringkasan. Data di bawah tahun 2009 bisa diperoleh melalui Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM) d/a Gd. BEI Tower 2 Lt. 1, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190, Telp. 5150515 ext. 4351-4353, dengan menghubungi Bapak Yono atau Hanif.

Q12 Saya sedang melakukan penyusunan skripsi mengenai pengaruh stock split terhadap likuiditas perdagangan saham. Saya membutuhkan data mengenai perusahaan yang melakukan stock split, serta jumlah saham yang beredar masing-masing perusahaan tersebut sebelum dan sesudah melakukan stock split.
Jawaban:

Data stock split bisa diperoleh melalui publikasi IDX Statistics yang bisa difotocopy melalui Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM) d/a Gd. BEI Tower 2 Lt. 1, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190, Telp. 5150515 ext. 4351-4353, dengan menghubungi Bapak Yono atau Hanif.

Q13 Saya sedang melakukan penelitian untuk beberapa emiten, dan untuk itu membutuhkan prospektus, bagaimana caranya?
Jawaban:

Prospektus emiten bisa diperoleh melalui Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM) d/a Gd. BEI Tower 2 Lt. 1, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190, Telp. 5150515 ext. 4351-4353, dengan menghubungi Bapak Yono atau Hanif.

Q14 Apa yang dimaksud saham JII dan bagaimana mendapatkan daftar saham tersebut?
Jawaban:

Jakarta Islamic Index atau biasa disingkat JII merupakan Indeks yang terdiri 30 saham yang mengakomodasi syariat investasi dalam Islam atau Indeks yang berdasarkan syariah Islam. Dengan kata lain, dalam Indeks ini dimasukkan saham-saham yang memenuhi kriteria investasi dalam syariat Islam. Saham-saham yang masuk dalam Indeks Syariah adalah emiten yang kegiatan usahanya tidak bertentangan dengan prinsip seperti:

  • Usaha perjudian dan permainan yang tergolong judi atau perdagangan yang dilarang.

  • Usaha lembaga keuangan konvensional (ribawi) termasuk perbankan dan asuransi konvensional.

  • Usaha yang memproduksi, mendistribusi serta memperdagangkan makanan dan minuman yang tergolong haram.

  • Usaha yang memproduksi, mendistribusi dan/atau menyediakan barang-barang ataupun jasa yang merusak moral dan bersifat mudarat.

Untuk mendapatkan daftar tersebut, silakan masuk ke website BEI yaitu www.idx.co.id pada menu Informasi Pasar > Daftar Efek > Index Konstituen > JII.

Q15 Apa yang dimaksud dengan saham pre-opening dan saham mana saja yang masuk ke dalam kategori pre-opening?
Jawaban:

TPre-opening adalah proses pembentukan harga yang dimulai sebelum perdagangan sesi I dimulai. Tujuan pre-opening adalah untuk menentukan pembukaan harga yang lebih sesuai dengan kondisi pasar. Hal ini berarti tidak selalu harga penutupan saham hari sebelumnya menjadi harga pembukaan untuk hari ini.

Untuk mendapatkan daftar tersebut, silakan masuk ke website BEI yaitu www.idx.co.id di dalam menu Informasi Pasar > Daftar Efek > Saham Pre-opening.

Q16 Apa yang dimaksud indeks harga saham? Bagaimana mencari indeks harga saham di wesbite BEI
Jawaban:

Penjelasan tentang indeks harga saham serta jenis-jenis indeks di BEI dapat Anda temukan pada menu Informasi > Bagi Investor > Indeks.

Indeks harga saham dapat Anda temukan melalui beberapa cara:

  • Grafik IHSG. Perkembangan IHSG dapat Anda lihat pada halaman depan website pada bagian kiri atas. Di situ Anda dapat melihat pergerakan IHSG selama hari tersebut.

  • Indeks Berjalan. Anda dapat pula mengamati indeks berjalan yaitu berupa ticker untuk semua jenis indeks pada saat tersebut. Indeks tersebut dapat Anda lihat pada kolom bergerak di sebelah tengah atas halaman depan website.

  • Historikal Indeks Harian. Anda dapat pula memperoleh nilai indeks historis dengan cara memilih menu Informasi Pasar > Indeks Pasar.

Q17 Bagaimana untuk mengetahui perwakilan atau cabang dari masing-masing broker?
Jawaban:

Untuk mengetahui perwakilan atau cabang dari setiap broker dapat dilihat di menu Anggota Bursa > Anggota Bursa di Kota Anda.

Q18 Bagaimana caranya mendapatkan harga saham di website BEI
Jawaban:

Ada beberapa cara untuk memantau atau mendapatkan harga saham di website BEI, yaitu sebagai berikut:

  • Harga Saham Berjalan. Anda dapat mengamati pergerakan harga saham untuk seluruh saham, yaitu pada kolom bergerak yang berada pada bagian kiri halaman muka Website. Sebagai catatan: harga saham tersebut delay selama 5-10 menit.

  • Historikal Harga Saham Harian. Anda dapat pula memperoleh harga saham dengan cara memilih Download Data > Ringkasan > Stock Summary > Masukkan Tanggal Yang diinginkan > Pilih jenis data yang dicari [Value, Volume, Frequency, etc]

  • Historikal harga saham Index JII dan LQ45 dapat diperoleh dengan cara, pilih menu Unduh Data > Ringkasan > Index Summary

Q19 Saya membutuhkan nama dan alamat seluruh broker yang terdaftar di BEI, bagaimana cara mendapatkannya?
Jawaban:

Untuk dapat mengetahui nama dan alamat seluruh broker yang terdaftar di BEI, silahkan masuk ke menu Broker > Profile Anggota Bursa.

Q20 Saya memerlukan daftar emiten yang masuk dalam Indeks LQ 45. Bagaimana mendapatkan daftar tersebut?
Jawaban:

Untuk mendapatkan daftar tersebut, silakan masuk ke website BEI yaitu www.idx.co.id dan pada halaman depan sebelah kanan, masuk pada menu Informasi Pasar > Daftar Efek > Indeks Konstituen. Silahkan klik menu LQ 45 dimana Anda akan mendapatkan daftar saham-saham yang masuk dalam LQ 45.

Q21 Bagaimana untuk mengetahui kinerja masing-masing broker
Jawaban:

Untuk dapat mengetahui kinerja transaksi setiap broker, maka kita dapat melihat data tersebut di publikasi BEI yaitu IDX Monthly Statistic yang selalu diupload di website BEI. Data ini bisa akses melalui menu Publikasi > Statistik > Monthly. Setelah itu silahkan pilih bulan yang diinginkan.

Q22 Saya membutuhkan data jumlah saham yang tercatat/beredar untuk setiap emiten, dibagian mana di website data tersebut berada?
Jawaban:

Data jumlah saham yang tercatat dapat diperoleh dengan cara berikut:

  • Pilih menu Data Download pada bagian kanan halaman muka.

  • Setelah itu pilih Ringkasan > Masukkan Tanggal yang diinginkan > Check-list data yang ingin di cari [Stock Name, Volume, Value, Frequency]

Q23 Dimanakah saya mandapatkan data saham yang masuk papan utama atau papan pengembangan
Jawaban:

Untuk melihat daftar saham yang masuk di Papan Utama dan Pengembangan, silahkan masuk ke menu Informasi Pasar > Daftar Efek > Saham, Kemudian pilih di Kolom [Board] - Papan Utama/Papan Pengembangan, kemudian klik Search

Q24 Saya ingin mengetahui ketentuan dan prosedur go public dan listing di BEI. Dibagian mana materi tersebut di website
Jawaban:

TMateri seputar penawaran umum saham serta ketentuan pencatatan saham di BEI dapat diperoleh dengan cara berikut:

  • Pilih menu Informasi

  • Pilih menu Bagi Perusahaan.

  • Pilih menu Bagaimana Menjadi Perusahaan Tercatat.

Q25 Sebagai orang awam saya ingin mengetahui tata cara berinvestasi saham. Dibagian mana materi tersebut di website?
Jawaban:

Materi seputar investasi dan jual beli saham dapat diperoleh dengan cara berikut:

  • Pilih menu Informasi

  • Pilih Menu Bagi Investor

  • Pilih Menu Bagaimana Menjadi Seorang Investor

Q26 Bagaimana mekanisme perdagangan saham di BEI
Jawaban:

Penjelasan secara detail tentang mekanisme perdagangan saham dapat Anda peroleh dengan cara berikut:/p>

  • Pilih menu Tentang BEI

  • Pilih menu Mekanisme Perdagangan.